Bioenter
https://3.bp.blogspot.com/-BEaPk2NEHuc/T2belwCzw4I/AAAAAAAAACQ/NCCT4aqEYfs/s113/logo.jpg
VISI
Menjadi wadah untuk mengembangkan kreatifitas mahasiswa dalam bidang kewirausahaan yang berbasis biologi dengan berlandaskan hukum-hukum Syariah.
MISI
1. Menampung dan mengembangkan ide-ide mahasiswa dalam menciptakan inovasi-inovasi baru terkait wirausaha yang berbasis Biologi
2. Melatih dan mengasah mental wirausaha bagi mahasiswa Biologi
3. Menciptakan inovasi-inovasi baru dalam pembuatan pangan dengan teknologi tepat guna.
4. Menerapkan hukum ekonomi islam dalam mengatur keuangan
PROFIL
Saat ini, academic skill atau kemampuan akademik mahasiswa UIN Sunan Kalijaga khususnya Prodi Biologi diasah melalui dua bentuk kegiatan formal yaitu kuliah dan praktikum. Perkuliahan dilaksanakan dengan mengedepankan kemampuan teoritik mahasiswa yang selanjutnya dievaluasi melalui serangkaian ujian. Kegiatan praktikum dilakukan untuk menunjang perkuliahan. Kedua kegiatan akademik tersebut, pada prinsipnya hanya memberikan pokok-pokok materi inti keilmuan. Sementara itu, perkembangan faktual di lapangan banyak menuntut mahasiswa untuk terbiasa dan terlatih menangani beragam kasus aplikatif secara professional. Di sisi lain, secara umum tingkat kemandirian dan daya juang mahasiswa masih perlu untuk ditingkatkan. Peningkatan tersebut dapat dilakukan dengan membiasakan mahasiswa bekerja secara mandiri. Oleh karena itu, kegiatan mandiri yang terpandu dan terprogram namun menunjang atmosfer akademik sangat dibutuhkan oleh para mahasiswa.
Dunia kerja saat ini sudah tidak dapat dijadikan sebagai topangan harapan utama lulusan perguruan tinggi untuk mendapatkan pekerjaan, untuk itu diperlukan terobosan dalam menciptakan alternatif lapangan pekerjaan bebasis keilmuan yang diperoleh di bangku kuliah. Biologi merupakan salah satu basic science knowledge sehingga keilmuannya dapat diterapkan untuk berbagai bidang dan membuka peluang serta potensial untuk dihasilkan beragam produk baik pangan dengan teknologi tepat guna misal dengan proses fermentasi (melibatkan mikroorganisme) atau produk pertanian lain seperti kompos maupun produk kesehatan seperti penghasilan antibiotik alami yang berasal dari tanaman, hewan dan mikroorganisme. Kegiatan ini dapat menjadi ajang latihan bagi para mahasiswa untuk berwirausaha secara mandiri dan aktif. Dengan demikian lambat laun jiwa enterpreneur mahasiswa dapat terbentuk.
Pendidikan dan pelatihan kewirausahaan dipandang perlu untuk membentuk dan mendukung job skill yang dimiliki oleh mahasiswa Biologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalam rangka menunjang kegiatan tersebut maka diperlukan suatu wadah atau lembaga yang bertujuan mengasah skill mahasiswa, terutama dalam hal kewirausahaan. Menurut Boulton dan Turner (2005), Entrepreneurial Activity dapat diartikan sebagai individu aktif dalam membuka bisnis baru dan dinyatakan sebagai penduduk yang aktif bekerja. Semakin tinggi indeks Entrepreneurial Activity maka semakin tinggi level entrepreneurship suatu negara.
BioEnter merupakan sebuah lembaga kewirausahaan atau kelompok studi yang dilaksanakan secara terpandu dan terprogram yang bergerak dalam bidang wirausaha berbasis ilmiah dengan tetap mengutamakan sistem ekonomi Syariah. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh mahasiswa secara mandiri dibawah supervisi dosen dan kelompok studi ini berada dibawah naungan prodi Biologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Pada akhirnya harapan dengan terbentuknya kelompok studi BioEnter ini adalah mahasiswa lulusan Biologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dapat mendukung salah satu visi misi program studi Biologi yaitu untuk mencetak sumber daya manusia yang unggul dibidang Biologi khususnya Bioteknologi dengan dilandasi sikap profesional serta nilai-nilai islami.
Tujuan :
1. Menyediakan wadah untuk menampung dan mengembangkan bakat wirausaha bagi mahasiswa Bologi UIN Sunan Kalijaga yogyakarta.
2. Membentuk kepribadian wirausaha mahasiswa Biologi UIN Sunan Kalijaga
3. Melatih dan mengasah mental wirausaha bagi mahasiswa Biologi yang mencakup kepercayaan diri, sadar akan jati diri, motivasi meraih cita-cita, pantang menyerah, mampu bekerja keras, kreatif, inovatif, berani mengambil resiko dengan penuh perhitungan, berperilaku pemimpin dan memiliki visi kedepan, tanggap terhadap saran dan kritik, serta memiliki kemampuan empati dan tanggap sosial.
4. Menyiapkan wirausaha-wirausaha baru yang berpendidikan tinggi.
5. Menciptakan unit bisnis baru yang berbasis ilmiah dengan sistem ekonomi syariah di lingkungan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
6. Membangun jaringan bisnis antarpelaku bisnis, yakni hubungan antara pelaku bisnis pemula dengan pelaku bisnis yang telah mapan.
7. Menerapkan prinsip ekonomi syariah dalam berwirausaha.
Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom